Inflasi di bawah Rata-Rata Nasional, Baskami Apresiasi Kinerja TPID Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengapresiasi kinerja TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Pemprov Sumut dalam mengendalikan inflasi saat ini.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengapresiasi kinerja TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Pemprov Sumut dalam mengendalikan inflasi saat ini.

Diketahui, pada rakor pengendalian inflasi daerah, Rabu (3/1/2024) lalu, Sumut masuk ke dalam inflasi terendah bersama provinsi lainnya. Yakni, dengan tingkat inflasi 2,25 persen (yoy) pada Desember 2024.

Tingkat inflasi tersebut di bawah rata-rata inflasi nasional sebesar 2,61 persen (yoy) pada bulan yang sama.

“Saya mengapresiasi kinerja Pemprovsu yang terus berupaya menjaga konsistensi pengendalian inflasi dengan berkoordinasi dan mengawasi berbagai institusi di TPID baik pemda, BPS, perbankan, dinas ketahanan pangan, dinas pertanian, Bulog dan lainnya,” katanya, Kamis (4/1/2024) .

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, kunci pengendalian inflasi yaitu, ketersediaan stok komoditas utama. Menjaga rantai pasok dan pemantauan harga di pasar adalah yang utama.

“Kita harus terus konsisten menjaga pasokan pasar-pasar tradisional yang menyediakan bahan pangan untuk masyarakat menengah ke bawah, para marhaen, wong cilik,” jelas Baskami.

Baskami menjelaskan, inflasi digunakan untuk mengukur tingkat kemiskinan. Semakin tinggi tingkat inflasi maka akan meningkatkan tingkat kemiskinan, yang berakibat semakin banyaknya penduduk miskin.

Menurutnya, keberhasilan Pemprov dalam menjaga stabilitas inflasi berdampak langsung dengan kesejahteraan masyarakat. “Dengan inflasi yang rendah, maka kesejahteraan masyarakat juga meningkat karena daya beli masyarakat akan lebih kuat,” ungkapnya.

Kolaborasi

Sebelumnya saat Rakor Pengendalian Inflasi, Pj Gubernur Sumut Hassanudin sangat bersyukur atas kolaborasi dan koordinasi TPID Sumut. Sehingga inflasi dapat terkendali dengan baik.

Hasanuuddin mengatakan, Pemprov Sumut segera berkoordinasi dengan TPID yang hadir saat itu. Seperti Bank Indonesia Perwakilan Sumut, BPS Sumut, Bulog Drive I Sumut, serta pimpinan OPD Provinsi Sumut.

“Inflasi yang telah dicapai Provinsi Sumut seperti yang diungkapkan Mendagri, jangan membuat kita terlena. Untuk itu sebagai Pj Gubernur Sumut, saya meminta saran kepada tim yang hadir saat ini. Seperti paparan Mendagri, bahwa cabai, beras adalah komoditas yang selalu menjadi perhatian dan menjadi penyumbang inflasi,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment